Make Combination Menu Sony Ericsson

Biasanya format menu pada handphone Sony Ericsson adalah dengan format Grid 3 x 4, Rotation atau Single Icon.  Namun kali ini  saya coba mengkombinasikan format menu antara Grid 3 x 4 dan Rotation  (Single Icon). Sebenarnya ini hanyalah masalah selera dalam penggunaan  format menu pada handphone Sony Ericsson, tapi buat yang ingin rada aneh boleh saja merubah format-format menunya, dari main menu maupun pada submenunya.

Buat yang ingin format menu handphone Sony Ericssonnya ingin tampil berbeda, buka file menu.ml dengan notepad. Sudah punya file menu.ml dari artikel “Menu G502 #2 atau Single Icon Menu G502“, kalau belum silahkan tengok di halaman Download. Untuk yang sudah menggunakan file menu.ml dari artikel “Single Icon Menu G502” pastinya sudah mendapatkan format menu yang berbeda yakni kombinasi antara format Single Icon (Main Menu) dan format Grid 3×4 (Submenu). Sebenarnya disini hanyalah sedikit mengutak atik file menu.ml-nya, perhatikan gambar dibawah ini.

Pada gambar bagian atas adalah isi dari file menu.ml untuk Main menu format Rotation atau Single Icon dan gambar bagian bawah untuk Main menu dengan format Grid 3×4. Perhatikan kalimat yang diberi kolom, disitulah sebenarnya inti dari sebuah format menu. Kalimat yang diberi kolom pada bagian kiri (<menu id=”MainMenu”) adalah mengatur pada posisi Main (Siaga) dan kalimat yang diberi kolom bagian kanan dari gambar atas (layout=”DesktopFullScreen”>) adalah yang mengatur tampilan format menu Rotation atau Single Icon dan pada gambar bagian bawah (layout=”DesktopTopMenuGFX2″>) adalah yang menampilkan format menu Grid 3×4.

Buat yang ingin mengkombinasikan antara misal : Main menu dengan format Rotation atau Single Icon dan Submenu dengan format Grid 3×4, maka yang harus diperhatikan adalah kalimat yang diberi kolom pada bagian kiri dan kalimat yang diberi kolom sebelah kanan, dan untuk Submenunya perrhatikan gambar dibawah ini.


Pada gambar diatas adalah bagian dari file menu.ml untuk Submenu Menu Internet, kalimat yang diberi kolom bagian atas (Desktop Element 2) menandakan itu posisi Menu Internet, bila anda menginginkan format menu Grid pada Submenu Menu Internet maka yang harus diperhatikan adalah kalimat yang diberi kolom bagian bawah dan bila anda ingin pada Submenu Menu Internet dengan format Rotation atau Single Icon maka gantilah kalimat layout=”DesktopTopMenuGFX2“> menjadi “DesktopFullScreen“> dan untuk Submenu Menu selanjutnya adalah selera anda.

  • Menu Entertainment = Desktop Element 3
  • Menu Messaging = Desktop Element 5
  • Menu Organizer = Desktop Element 11
  • Menu Setting = Desktop Element 12

Dalam mengedit file menu.ml harus diperhatikan semua tanda baca dan kalimatnya, bila terjadi kurang atau lebih tanda baca maka dapat dipastikan Menu handphone anda akan menjadi rusak bahkan sama sekali tidak akan nampak (blank), pastikan selalu membackup file menu.ml sebelum mengutak atik.

Selamat mencoba …….

Iklan

17 respons untuk ‘Make Combination Menu Sony Ericsson

  1. Mas bkin menu grid 4x 4 gmana y?
    Nambahin menu opera mini/java ke ‘dalam'(bkan replace desktop element’a) media player gmana y ?
    btuh bgt neh .thx

  2. saya mencoba membuat menu di g502 keseluruhan dengan DesktopTopMenuGFX2 jadi 12X12 ikon,dengan java app juga,jadi banyak kan he he,timbullah masalah menu selalu error jika hp baru dinyalakan,saya coba utak atik lagi dengan menghilangkan icon left,sama saja hasilnya,sampai mumet saya,trus saya mencoba mengedit menu tanpa ada java app,jadi hanya bawaan hp,saya pindah kesana sini posisinya,nggak pernah nemuin namanya menu eror,apa karena java app nya ya,atau terlalu banyak menu,atau karena 12X12 jadi 144,terlalu banyak maksutnya,kira2 gimana ya bos,mumet nih he he.

  3. om piye yen hp soner k770i opo yo iso digawe koyo G502, kalo bisa mbok yo di gawekke! menu gawanan soner mung kui-kui wae? marai mblenger! oh yo om tema soner k770i aparture wapik tenan opo ono liane yo? maturnuwun by: papa ivan @ paket b jalur 2 baganbatu- riau.

  4. Bos gimana caranya bikin menu dengan salah satu ikon menuju ke mode video recorder, link internalnya pake ap y bos?? Soalnya switch kamera SE K850i saya error g bisa masuk ke mode video, rencananya mau saya akalin pake menu aj.
    Tolong pencerahannya bos…thanx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s