Menambahkan Aplikasi Java ke dalam Menu Internet

Sebenarnya pada menu siaganya Sony Ericsson kita bisa merubah tampilannya, seperti pada menu Entertainment yang tadinya dengan format list bisa kita ganti menjadi format grid 3 x 4, begitu juga pada menu Internet yang tadinya hanya ada satu fungsi kegunaan yakni sebagai browser, disinipun kita bisa menambahkan beberapa menu pada menu Internet dengan aplikasi Java, untuk merubahnya kita hanya perlu mengedit file menu.ml dengan notepad, untuk menu yang telah final silahkan ambil file menu.ml dihalaman download.

Memang file menu.ml yang ada di halaman download sudah final, disini saya hanya mencoba menambahkan apabila ternyata aplikasi Java yang disertakan ingin diganti kegunaannya. Beberapa langkah untuk mengganti aplikasi Java dalam menu Internet dan itu juga berlaku juga pada menu Entertainment, caranya :

  1. Buka file menu.ml yang telah didownload sebelumnya dengan notepad.
  2. Siapkan aplikasi Java yang ingin dimasukkan untuk menggantikan aplikasi Java yang telah disertakan ke dalam file menu.ml yang didownload sebelumnya.
  3. Instal aplikasi Java ke dalam handphone.
  4. Ekstrak file aplikasi Java yang telah disiapkan dengan Winrar, dalam hal ini kita ambil contoh aplikasi Java yang ingin dimasukkan adalah Facebook Mobile.

Kembali ke file menu.ml yang telah dibuka dengan notepad, untuk mengeditnya adalah :

menu2skrin

Perhatikan kalimat yang diberi tanda kotak, pada baris <text>Opera Mini</text> masukkan nama aplikasi yang ingin kita gunakan, apabila dengan aplikasi yang lain misalnya Facebook Mobile, ganti kalimat Opera Mini dengan Facebook, kemudian pada baris <icon pos siapkan file gambar dengan format .png untuk mewakili icon aplikasi Java yang hendak dimasukkan. Ukuran untuk gambar “selected” biasanya 70 x 70 dan icon “unselected” adalah 50 x 50.

menuscren

Pada baris <link type=, disinilah sebenarnya letak kunci dari fungsi aplikasi Java yang hendak ditambahkan agar nantinya aplikasi tersebut dapat berjalan. Pada kalimat Java (kotak merah) adalah aktifnya aplikasi tersebut dijalankan (internal = dari software bawaan handphone), karena aplikasi ini bukan bawaan handphone dan berplatform Java maka kita harus memasukkan kalimat “java”, lalu pada kalimat Opera Mini (kotak biru), Opera Software ASA (kotak hijau) dan “Browser” (kotak ungu), hal ini kita dapatkan dari mengekstrak aplikasi Java yang ingin dimasukkan, contoh diatas adalah aplikasi Internet Opera Mini.

Operascreenshot

kalimat Opera Mini (kotak hitam) adalah sebagai javasuitename pada file menu.ml kemudian kata Browser (kotak merah) adalah sebagai javasuitepoint dan kalimat Opera Software ASA (kotak biru) adalah sebagai javasuitevendor. Dan untuk mengetahui hal tersebut pada aplikasi Facebook Mobile yang ingin kita masukkan caranya :

  • Ekstrak aplikasi Facebook Mobile yang berformat .jar dengan Winrar, kemudian nanti akan didapat 1 folder dengan nama META-INF yang didalamnya terdapat 1 file MANIFEST, buka file tersebut dengan notepad dan perhatikan gambar dibawah ini,

FBskrin

  • kalimat Facebook Mobile (kotak hitam) pada Midlet-Name dimasukkan sebagai javasuitename.
  • kalimat http://www.GetJar.com (kotak biru) pada Midlet-Vendor dimasukkan sebagai javasuitevendor.
  • kalimat Facebook_Mobile (kotak merah) dimasukkan sebagai javasuitepoint.

pastikan kalimat, besar huruf dan tanda baca pada file MANIFEST harus sama dan tepat, karena kesalahan sekecil apapun membuat aplikasi Java yang dimasukkan kedalam menu Internet tidak dapat dijalankan dan hanya bisa dijalankan lewat menu aplikasi. Proses diatas berlaku untuk semua aplikasi Java yang ingin anda tambahkan ke dalam menu Internet maupun ke dalam menu Entertainment.

Setelah proses edit selesai lakukan save as, kemudian masukkan file menu.ml dan file gambar kedalam handphone dengan A2uploader kedalam folder

TPA/PRESET/SYSTEM/MENU

Simpan hasil instal aplikasi Java dihandphone dan jangan sampai terhapus, karena apabila aplikasi tersebut terhapus atau dihapus maka aplikasi Java yang sebelumnya anda masukkan kedalam menu Internet maupun menu Entertainment tidak akan berfungsi. Pastikan Backup terlebih dahulu file menu.ml yang ingin anda edit.

  • Download file menu.ml di halaman Download
  • Download aplikasi Java di halaman Aplikasi

confuseSelamat mencoba …….

23 respons untuk ‘Menambahkan Aplikasi Java ke dalam Menu Internet

  1. kang pujiwibowo…………
    maturnuwun banget sumpah………
    berkat rika…..hp G502 ne enyong dadi keren banget tampilane….kanca2ku beh pada gumun(kagum)…wah..pokoke rika is the best lah…….maturnuwun ya kang………tek info2 selanjute kang…..

  2. lam kenal ,
    mas punya menu.ml (TPA/PRESET/SYSTEM/MENU)untuk k660i , soalnya pas mau klik read mala klik delet jadi ga bisa masuk ke menu,tolong ya mas atau yg lebih keren.
    PLEASE HELP ME ?

  3. Lam kenal,, aku masih lugu nih tentang dunia modding mau nanya Kalo menu.ml(tinggal download) yang sudah d modif tu bisa buat z610 bisa g ato hrs d modif lg?

    1. itu cocoknya memang buat g502 … tapi untuk k660 juga bisa … tapi untuk z610 kurang tahu yaa mungkin memang harus diedit terlebih dahulu

  4. Salam Kenal Mas,
    HP Aku C510 DB 3210 CID 53
    Apa Bisa Ya Dengan Cara cara Di atas,
    Aku Coba A2 Uploader Tapi Kok Saya Belum Paham Penggunaannya
    Masih Takut Kalo Salah Malah Rusak nanti,
    Mohon Pencerahannya.
    Terimakasih

Tinggalkan komentar