Parental Controls “Membatasi Akses Anak di Google Play”

Sudah dipastikan anak-anak jaman sekarang terbiasa dengan yang namanya smartphone ataupun tablet dengan system operasi android, yang banyak sekali menyediakan aplikasi dan game gratisan di Google Play. Tidak seperti di era tahun 90 an yang lebih familiar dengan yang namanya Dingdong yang sebesar kulkas, sega atau nintendo yang perlu layar televisi, atau mungkin yang lebih wah lagi adalah PSP yang harganya tidak murah.

Dengan semakin mudahnya anak-anak mengakses Google Play dismartphone dan tablet android mereka untuk mendownload beragam konten aplikasi dan game gratisan, sebagai orang tua alangkah baiknya bisa mengontrol anak-anak dalam mengakses Google Play karena tidak semua aplikasi dan game gratisan tersebut sesuai dengan umur mereka. Oleh karena itu orang tua sangat dianjurkan untuk mendampingi anak-anak saat memainkan smartphone ataupun tablet android mereka, terutama saat ingin mendownload aplikasi dan game gratisan. Tapi pastinya orang tua tidak selalu bisa untuk mendampingi anak-anak yang sedang memainkan smartphone ataupun tabletnya, oleh karena itu disarankan agar orang tua bisa membatasi akses anak-anak di Google Play agar apa yang didapat dari Google Play itu sesuai dengan umur mereka.

Untuk mengontrol akses anak-anak di Google Play, caranyapun tidak sulit cukup mengaktifkan fitur “Parental Control” atau “Kontrol Orang Tua” di Google Play.

Buka Google Play pada smartphone atau tablet yang biasa digunakan anak-anak, tekan icon yang diberi garis merah.

S51027-112058

Kemudian pilih opsi “Settings” atau “Setelan”

S51027-112105

Kemudian pilih opsi “Parental Control” atau “Kontrol Orang Tua”

S51027-112112

Kemudian aktifkan dengan menekan tombol yang diberi kolom merah

S51027-112119

Kemudian pilih opsi Apps & Games

S51027-112154

Masukkan pin agar setingan atau setelan tidak dapat dirubah, kemudian pilih tingkatan yang sesuai dengan umur anak-anak yang sering menggunakan smartphone dan tablet tersebut.

S51027-112159

Setelah diatur seperti diatas, maka nanti aplikasi dan game yang muncul di Google Play tidak melebihi batasan yang telah orang tua tentukan, misalnya saat memilih tingkatan umur 7+ maka aplikasi dan game yang akan muncul hanya diperuntukkan untuk umur dibawah 7 tahun untuk diatasnya tidak akan muncul.

Tidak ada salahnya membolehkan anak-anak menggunakan smartphone dan tablet android mereka, tapi akan lebih bijaksana apabila orang tua bisa mengontrol akses di Google Play.

Semoga Bermanfaat …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s