Review SMART CDMA ZTE C261

Beberapa waktu yang lalu saya membeli handphone Smart CDMA merk ZTE C261 seharga Rp 410.000 padahal kalau menurut iklan di media massa harganya Rp 399.000 yaa daripada beli di galerinya malah lebih mahal lagi (Rp 439.000). Paket yang terdapat pada pembelian handphone tersebut : Handphone, Buku Manual, Charger, Baterai, Headset, Kabel Data, CD Driver dan Kartu Perdana Smart.

Mungkin karena tergiur iklan atau karena Handphone Modem dengan harga murah, yang pasti saya perlu modem untuk internetan dirumah dan lumayan dapat gratisan selama 3 bulan.

Secara fisik besar dan beratnya hampir sama dengan G502 hanya ZTE C261 lebih panjang sedikit. Dengan dibalut casing plastik berwarna silver memang lumayan seperti handphone mahal. Pada bagian depan tombol keypad memang agak sedikit menjengkelkan karena keras saat ditekan, pada bagian kanan terdapat tombol volume, tombol music player dan lubang kabel data, dibagian bawah ada colokkan headset lalu dibagian belakang terdapat corong speaker.

Dengan menu grid 3×4 yang tanpa animasi membuat terlihat sangat monoton sekali. Fitur yang disematkan tidak ada yang mencolok semuanya standar handphone-handphone CDMA “murah” pada umumnya hanya saja fitur MP3 playernya memang sangat menghibur. Browser handphone yang dibawanya adalah standar dari ZTE ditambah opera mini yang entah dari versi berapa saya tidak tahu. Selebihnya biasa-biasa saja.

Memang dengan adanya MP3 fungsi dari ZTE C261 agak sedikit menghibur ditambah lagi bisa disematkan external memory (Micro SD) yang sayangnya memory card tersebut tidak terdapat dalam paket penjualan. Tampilan dari music playernya tidak terlalu menarik tanpa ada equalizer ataupun pilihan jenis suara, tapi lumayan buat hiburan musik dengan keluaran suara lewat speaker phone ataupun headset yang lumayan kencang.

Penasaran ingin menjajalnya sebagai modem, dengan adanya CD Driver instalasi memang jadi sangat mudah. Setelah driver modem terinstal saya koneksikan handphone dengan PC kemudian menjalankan aplikasi CDMA modemnya lalu pilih opsi connection yang relatif tidak rewel langsung bisa konek tanpa settingan apapun, hebatnya speed yang didapat memang 3.1 mbps wah lumayan juga dibanding menggunakan G502 sebagai modem. Walaupun memang untuk kecepatan download dan upload tergantung dari kondisi jaringan.

Namun yang sedikit agak bawel adalah saat ingin transfer data (file mp3) dengan kondisi sebagai mass storage, lemozeto banget sangat lambat. Tapi karena mungkin handphone ini dikhususkan untuk modem memang memuaskan tapi untuk fitur ataupun aplikasi yang lainnya biasa-biasa saja.

Semoga bermanfaat …….



29 thoughts on “Review SMART CDMA ZTE C261

  1. Bingung nih mas… Kan ada warnet yg ngaku speed nya 2 mbps, tapi kalo mw donlot kok cma sekitar 40 kbps? Kalo smart gmna mas? Apa kalo bwt donlot bisa 3.1 mbps beneran?

    1. salah bro tu klo dl berarti nyampai 300KBps hehehehhehehe… ni aku beli zte juga tapi murni modem hehhehehehe dah istirahat si emelie jadi modem hehehehehehe

  2. hhe.. saya sdh lama beli hp modem it mas.. mnurut saya lumayan bgd kalo buat skedar buat browsing, fesbukan, dsb..

  3. Klo mw enak,coba bli modem smart yg sudah mendukung 3.5G ato evdo.saya dah coba,buat download dpt 150-200 kb/s.tp hrz dicek jringan smartnya,coz tiap daerh bda2.hrga modemnya sktr 900rbuan..

  4. Lum pnh c..tp secara real yg dah saya coba download speed lwt idm mencapai 150-200 kb/s.tp biasanya buat situs2 luar bs lbh cpt lg..

  5. pke smart ZTE C261 ada susah dan senangnya..klo d kntor mantapz tp klo d rmh mampus lemotnya…gmn cranya byar gag lemot y..da yg tw g? mhon pncerahanny bgi pra master sinyal…

      1. itu biasanya tergantung sinyal ama jumlah pemakai di daerah kita mas, sinyal bagus tapi yang make banyak, lemot juga. apalagi sinyal jelek yang make banyak. kalo sinyal bisa diakalin. kalo di dlm rmh sinyalnya kurang bagus, panjangin kabel usb nya biar hp nya bisa ditaro di tmpt yg tinggi. klo sy ditaro di luar jendela pake usb extender 5m. lumayan yg tdi nya di dlm rmh 2 bar klo ditaro diluar bisa 4 bahkan full.ribet sih. tapi lumayan. kalo soal pemake di daerah kita saya ga tau gmn ngakalinnya.

  6. Gan,numpang tanya nh soal zte c261.. knp beberapa file mp3nya tidak bsa diputar,sy pake memori berkapasitas 1Gb. ada 3 lagu dri 45 lagu yg tdk bsa diputar..jwbnnya “Tidak Didukung”, Padahal format filenya sama mp3 jg..tlng ksh solusinya ya ga??thx

  7. kena dibohonggin semua yg namanya smart zte c261 kecepatanya ga mungkin sampe 3.1 ni yg bikin treat orang smart biar produknya laku.

  8. mas pujo,
    saya punya hp modem smart c 261, dengan promo 399 rb (+/-beli 1 thn lalu) tapi speed yang tercantum di pojok kanan bawah komputer 115,2 kbps. terus temen saya sekitar 3 bulan yang lalu, dengan harga promo 319 rb, dan speed yang tercantum 3,1 mbps. saya bandingkan sih memang kinerjanya jauh berbeda, padahal barangnya persis sama. hanya saja software & drivernya berbeda. karena iri🙂, saya coba saja instal driver & software hp tmen saya yang baru ke hp saya, tapi tidak bisa sinkron. barangkali bisa membantu, trims

  9. mw tanya nih.hp smart q zte c261,gak bisa buat modem,setiap kali klik konek,dy langsung nge-redial…ngenet langsung dari hpx lewat opera minix juga gak bisa “connection error”.
    punya solusi gak?
    bantuin dong….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s