Mensiasati Penggunaan Tarif GPRS

Saat ini browsing internet tidak lagi menjadi monopoly komputer dan laptop. Sekarang orang lebih suka browsing internet lewat handphone, karena pastinya lebih simple, praktis dan dapat dilakukan dimana saja selama jangkauan GPRS masih ada, ditambah lagi hampir semua pabrikan handphone telah menyuntikkan fitur internet ke dalam produknya. Asalkan settingan GPRS sudah benar dan pulsa mencukupi maka internetan di handphone tidak lagi jadi masalah, namun seharusnya lebih bijaksana dalam menggunakan pulsa untuk browsing internet di handphone.

Saat ini operator ditanah air memberlakukan tarif GPRS yang berbeda-beda, ada 2 jenis penghitungan tarif GPRS yakni berdasarkan “volume dan duration”. Biasanya tarif GPRS dengan dasar hitungan “volume” akan merujuk pada nominal(Rp)/kb artinya besar volume halaman internet yang kita buka dikalikan nominal(Rp) dan dasar hitungan “duration” akan merujuk pada nominal(Rp)/menit artinya lamanya browsing internet dikalikan nominal(Rp) namun biasanya untuk based “duration” operator menjualnya dalam bentuk voucher khusus seperti indosat dengan voucher internet dengan nominal Rp 5000 untuk pemakaian browsing internet selama 240 menit (4 jam). Dengan penghitungan tarif GPRS seperti yang tertulis diatas, maka kitapun diharuskan dapat memilih jenis penghitungan yang mana yang akan digunakan untuk browsing ataupun chating di internet dengan handphone agar pulsa yang kita keluarkan menjadi tepat guna.

Jika anda memang gemar chatting facebook, yahoo dan lainnya via handphone akan lebih baik menggunakan tarif GPRS berbasis “volume”, karena berapapun lamanya kita chatting pulsa yang digunakan tidak terlalu banyak karena halaman yang kita buka pastinya tidak terlalu menyedot pulsa karena volume halaman chatting kilobytenya kecil, dan jika anda gemar mendownload aplikasi, game dan lainnya lebih baik menggunakan tarif GPRS berbasis “duration” karena berapapun besar volume file yang anda download tidak akan memotong pulsa anda secara volume file yang didownload. Bijaksanalah dalam menggunakan pulsa anda untuk berinternet ria.

Semoga bermanfaat …….

nothing

3 thoughts on “Mensiasati Penggunaan Tarif GPRS

  1. m’puj…ada operator yg bisa dua-2 ny kh…???
    atw mungkn stiap org msti m’mliki 2 jnis card dr operator yg berbeda ya…????

    card 1 : utk download2 file,gunakn card dg operator yg m’berlakuakan tarif GPRS b’basis “Duration”

    card 2 : utk chating,gunakan card dg operator yg m’berlakukan tarif GPRS b’basis “Volume”

    soale aq pake card 2 yg b’basis “Volume”…,jd ga bsa download doong…??!??

    BTW thanx info ny….

    1. sebenarnya untuk mendownload memang lebih cocok kalo pake base @durasi, tapi kalo untuk volume yang kecil sih pake base @volume juga ga pa pa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s